Tuesday 16 November 2010

Berkorban dan Mengorbankan


 Well first I would like to say Happy Eid el-Adha for every Muslims round the world. May Allah bless us with his every single happiness.

Eid el-Adha atau Idul Adha, saya kira semua muslim tau hari apa ini dan sejarah yang melatar belakangi hari istimewa ini terjadi. Sebagai seorang manusia dan muslim, saya sangat memaknai dan menghargai yang namanya pengorbanan. Yang namanya berkorban itu ga mudah loh yaa, dan bukan sembarang berkorban. Karena menurut saya, berkorban itu adalah merelakan hal yg kita cintai untuk mendapatkan yang lebih baik. Hayoo coba tanya sama diri sendiri, bisa ga melakukan hal seperti itu? :)

Pasti susah kan? yaiyalahh. Saya sendiri pun pasti menjawab hal yg sama. Sangat susah apalagi mengorbankan sesuatu yg susah sekali di dapat. But don't worry, itu normal ko. Knp?
Sifat greedy atau serakah itu ada di setiap manusia, cuma pintar-pintar kita bagaimana supaya sifat tersebut tidak menguasai kita tapi sebaliknya. Kita lihat bagaimana Nabi Ibrahim as, yang harus bertahun-tahun menantikan buah hati dan akhirnya lahirlah Nabi Ismail as. Tapi tapi tapi (lebay) Allah malah menginginkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya sendiri sebagai korban (hiks). Atas bakti beliau kepada Allah SWT maka dilaksanakanlah mandat tersebut hingga di hari pengorbanan itu Allah menukar Ismail dengan seekor kambing untuk akhirnya disembelih.
Nah kita bisa ga seperti beliau? PR dehh yaa buat dijawab, karna saya yakin hal itu akan sangatlah sulit dilakukan bagi kita yang masih mempunyai ego duniawi! Melepaskan sesuatu yang tidak dimiliki saja sulit, apalagi yang dimiliki ditambah susah didapat.
 
Tapi kita wajib percaya bahwa ada harga yang harus dibayar untuk tiap jengkal yang kita dapatkan selama ini. Anggap saja itu sebagai kurban, kurban atas segala kenikmatan yang kita dapat. Belajar ikhlas atas setiap kehilangan insyaallah membawa kemakmuran di setiap sudut kehidupan.

Semoga bisa jadi bahan renungan bagi teman-teman :)
Beautiw

1 comment:

Anonymous said...

4 thumbs up! inspiring :)