Tuesday 20 March 2012

Ria N. Badaria - Writer VS Editor

Judul               : Writer VS Editor

Penulis            : Ria N. Badaria

Penerbit          : Gramedia Pustaka Utama

Tahun             : 2011

Tebal               : 307










Pasti gemes bin geregetan yah kalo kita sebagai seorang penulis dihadapkan sama editor yang super menyebalkan? Iya, itulah yg Nuna R. Mirja hadapi saat ini. Nuna adalah seorang penulis pemula yang karya pertamanya akan diterbitkan oleh GlobalBooks. Nah inilah masalahnya, alih-alih ketiban durian runtuh, Nuna malah dapat editor yang galak. Sebut saja Rengga Adi Prayoga, seorang jurnalis gagal yang akhirnya malah nyemplung ke dunia penerbitan, oalah! Tapi tapi tapi, kekesalan Rengga akan Nuna bukanlah sepenuhnya kesalahan Rengga. Nuna juga sih pake acara ga punya handphone, susah diajak kerja sama delele.

Yup! Itulah sepenggal kisah dari novel Writer VS Editor karya Ria N. Badaria. Jujur hal yang membuat saya tertarik untuk membeli novel ini adalah embel-embel “Penulis Muda Berbakat Terbaik Khatulistiwa Literary Award 2008-2009” yang bikin saya “wow! Pasti buku ini keren dan unik.”

Tapiii, setelah dibaca, well umm not bad sih. Cuma cerita di novel ini kok terkesan dipaksakan ya? Dan terdengar seperti dongeng-dongeng seorang putri rakyat jelata yang diperebutkan dua pangeran berkuda putih, awww! :D
Laluu, jika dilihat dari bahasa, novel ini terlihat seperti teenlit dan ada beberapa kalimat yang saya ga mudheng bacanya :|
To be honest I expect more dari sang penulis untuk lebih mengembangkan cerita. Karena ide awal tentang pekerjaan sebagai novelis dan editor adalah hal baru yang diangkat. Dan novel ini memberi wawasan baru tentang bagaimana susahnya menembus dunia penerbitan. Deeply hope next novel dari Ria N. Badaria lebih unik dan tidak terlalu ke-fairytale-an dan bahasanya lebih ditingkatkan. 
beautiw

No comments: