Thursday 6 September 2012

Curcolan dan Tips Belanja Online

Haaiii agan-agan dan sista-sista!! Selamat malam, lagi pada ngapain? Daku baru pulang mencari sesuap burger nii. Terus kok ga istirahat? Malah ngeblog? Nggg karena sesuatu yang bakal aku tulis ini udah berkecamuk di hati sejak tadi siang, halaahh :)

Jadi gini ni, adek ane ni lagi apes banget gan. Dia kan belanja via online gitu. Kan sekarang online shopping lagi hits banget yeuh. Lanjut! Adek ane beliiii ada deh. Naahh oonnya dan gawatnya, si bakulan olshopnya ini salah tulis nama, SALAH TULIS NAMA!! Dan itu ga cuma sekali ini, pas kapan hari juga pernah sepupu ane beli di orang yang sama, daaannnn salah tulis nama juga –“ parah beud! Akhirnya panik lah adek ane, waktu itu yang nrima tante ane gan, jadi si tante ga ngerasa ada yang punya nama salah itu di rumah. So, ya ga diterima dong.

Lanjut pergilah adek ane ke JNE terdekat buat tracking barangnya. Disitu diketahui kalo barang adek ane ada di JNE yang letaknya jauh banget dari rumah. Kalo ngambil ya rugi ongkir dongski. Terus ko ga ditelpon sama orang JNE-nya? Sumber utama terletak pada kekoploan sang bakul. Yeap! Sang bakul SALAH NULIS NOMER HP adek ane gann ahahaha!! Untungnya juga sih yang dicantumin nomer sepupu ane tadi jadi masih selamet lah barangnya. Haduuhh, sekali sih oke ya masih bias dimaklumin. Lah ini 2x wooyyy, pake double koplo pisan –“ ckckck should I teach them to write??
Tapi untungnya sih bagi si bakul, adek ane ga se-emosian kaya ane gan. Kalo ane jadi adek, wuaahhh udah habis tu orang! Haha

Jadi ni pelajaran juga buat agan-agan sekalian buat hati-hati kalo belanja olshop. Mungkin kalo ditipu sih engga. Tapi kalo kejadiannya kaya adek ane gimana coba? Padahal barangnya kudu udah on hand dua hari lalu cobak.

Okehh, ane mau kasih tips-tips cerdas buat agan sekalian kalo mau belanja online. Ane pribadi sih sering belanja online. Tapi lebih sering ke buku gan. Karna kalo belanja buku pun tanpa kita nyentuh barangnya udah tau. Yaa buku semua aja sama, haha. Beda kalo mau beli baju or sepatu, kalo ga nyentuh or nyoba langsung rasanya ga sreg gituu.
Oke tips pertama: pikir baik-baik apa barang yang akan agan beli cuma ada di olshop tersebut. Maksud ane gan, kalo di pasar atau mall terdekat ada buat apa beli online? Kan selain kita bisa lihat dan pegang langsung barangnya, kita juga bisa nego kalo beli di pasar, ehehehe.

Tips kedua: pinter-pinter survey harga ya kakak. Emang sih biasanya harga di olshop lebih murah dari yang di pasaran, tapi belum ongkir lohh. Nah kalo jatohnya harga di pasar sama dengan atau lebih murah dari harga olshop plus ongkir ya monggo aja. Tapi kalo kemana-mana mahal olshop? Yahh terserah ente lah, duit-duit ente :p

Tips ketiga: ini tips yang paling sensitif buat ane gan. Kalo ane pribadi ga begitu masalah sama tips diatas tapi ane benci banget sama masalah satu ini. Apakah diaa??? Hiyak, bakulan judes!! Nah ini ane paling bĂȘte ni  ngadepin orang kaya gini. Istilahnya kan pembeli adalah raja, kalo penjual berarti? :p Please please buat agan yang punya masalah emosi kaya ane disarankan buat cari bakulan yang ramah, friendly, trus ditanya-tanya tapi ga beli tetep baik hati dan rajin menabung. Ini pengalaman pribadi sepupu ane sih, jadi dia punya temen yang jualan online. Nah si sepupu ane ni sering liat-liat katalog doang, beli jarang, liat sama tanya doang sering. Nah sampe suatu hari sepupu ane tanpa rasa bersalah pinjem dong katalog ke temennya itu, eehh tanpa rasa bersalah juga si temennya itu bilang gini gan: “liat-liat doang ga beli, gini ini mau dapet duit ga jadi.” Ya salaam, rejeki di tangan Allah, non. Bukan di tangan buyer zzz. Nahh cara untuk tidak terjebak dalam masalah ini adalah pinter-pinter aja ngebaikin si bakul, atau cari bakul yang baik hati, banyak kok. Caranya? Minta rekomen aja ke temen-temen agan yang pernah belanja di olshop tertentu, mana seller yang asik yang ga bikin muntab dan yang penting ga koplo.

Kalo ane pribadi sih jarang ada masalah berarti selama belanja online. Paling cuma keterlambatan pengiriman, itupun cuma sehari dan ane lumayan mencak-mencak dibuatnya. Hehe
Anyway ane nulis postingan ini bukan mau jelek-jelekin toko online. Pacar ane juga bakulan olshop gan, jadi mana mungkin ane insult doi, ane mah cinta mati sama pacar ane :’) trus pacar ane bakulan top gan, dia dapet anugerah Kaskus Recommended Seller, keren kan pacar ane? Udah ganteng, baik lagi :’) postingan ini cuma curcol aja daripada numpuk di hati bikin umur pendek mending ditumpahin, tul gak? Gaakkk :)) Maap-maap aja kalo ada yang terluka ^^v

Terakhir, pilihan tetep ada di tangan agan-agan sekalian mau belanja via apa. Duit-duit eloh. Tapi tetep hati-hati ea kakak. Dahh!
beautiw

2 comments:

Unknown said...

gombalnya keterlaluan --"

Pratiwi Utaminingsih said...

tapi adek jujur ga gombal :')