Saturday 4 June 2011

Melawan Stigma

Tulisan ini saya tulis karena bentuk prihatin saya terhadap pola pikir masyarakat, khususnya mahasiswa, tentang gaya hidup atau tren atau stigma yang kadung melekat di mata masyarakat bahwa mahasiswa itu identik dengan TUGAS dan BEGADANG. Dulu ketika saya masih duduk di bangku sekolah, seringkali saya mendengar cerita-cerita tentang kakak kelas yang mengeluh akan banyaknya tugas, larutnya jam tidur hingga kekurangan jam tidur itu sendiri. Lantas saya berpikir, “apa iya selalu begitu? Lalu apa yang dikerjakan pada waktu siang harinya?” mungkin alasan begadang sampai pagi untuk mengerjakan tugas bagi mereka yang BEKERJA cukup masuk akal. Dengan aturan waktu sebagai berikut, pagi kuliah – sore kerja – malam mengerjakan tugas. Tapi bagaimana dengan mereka yang murni 100% mahasiswa? Mengapa selalu beralasan kurang tidur hanya karena tugas?
Saya sebagai mahasiswa sangat merasakan beratnya tugas yang diberikan oleh dosen, tapi bukan kapasitas saya untuk mengeluh. Karena notabene saya ini dan teman-teman seangkatan hidup enak. Kuliah tinggal kuliah tanpa bingung masalah biaya dan uang saku. Hanya saya selalu berpikir dan merenung, sampai kapan stigma begadang ini akan berlanjut? Karena saya yakin tanpa harus begadang pun tugas selesai kok. Saya pribadi bisa sejauh ini tanpa begadang, kenapa teman-teman tidak?
Maaf bagi teman-teman yang tersinggung membaca ini, tapi coba direnungkan kembali. Coba diingat waktu kita yang terbuang percuma hanya untuk main-main yang padahal sangat berguna jika digunakan sebagai waktu untuk mengerjakan tugas. Sebenarnya efisien waktu itu bisa dicapai semua orang, hanya pintar-pintar kita mengolah saja. Mungkin sulit untuk mengubah gaya hidup yang kadung melekat, tapi tidak ada salahnya kalau mencoba kok. Toh kita ini manusia diberi kemampuan berpikir yang tidak terus pasrah pada setiap keadaan. Lalu apa bedanya kita dengan kerbau? Yang disuruh kanan, kanan, kiri, kiri.
Stigma tugas dan begadang pada mahasiswa sebenarnya bisa dibelokkan asal kita mau mencoba. Tetap semangat, saya hanya menyampaikan pemikiran yang selama ini nggrundel. Sekali lagi mohon maaf apabila ada pihak yang tersinggung :)
 beautiw

2 comments:

Dika Restu Wulandari said...

ahahah embeer beb...tapi buat aku, otak baru diajak bekerja itu pas menjelang jam 10 slese stngah1, klo mau bobo dbwah jam sgtu.susah.ud kebiasaan :(

Pratiwi Utaminingsih said...

ya diubah kalo bisa pip, gmn2 juga melek malem tu ga baek :*